Kisah 47 Ronin

Judul : Kisah 47 Ronin
Pengarang : John Allyn
Penerbit : Matahari
Tebal : 311 Halaman
Cetakan : Pertama Maret 2007, Kedua April 2007
ISBN :9789791141062
Peresensi : Syamsul Bahri

kisah 47 Ronin

Pada tahun 1800-an, pemerintahan Shogun Jepang dihadapkan pada persoalan pelik yang membawanya pada sebuah gerbang krisis sosial. Shogun mencoba untuk menerapkan ajaran Budha tentang Pelestarian Mahluk Hidup, namun implementasi ajaran yang hanya dari satu perspektif menimbulkan ketimpangan hukum. Di satu sisi, celah ini dimanfaatkan oleh beberapa gelintir orang kepercayaan Shogun yang korup. Samurai yang selalu memegang teguh moral yang tinggi hanya bisa terdiam karena mereka juga selalu dikekang oleh undang-undang. Hanya seorang daimyo (gubernur) dari daerah Ako yang berani menentang. Namun akibat dijebak oleh seorang kepala pemimpin upacara saat menghadiri pertemuan di Istana Shogun, daimyo yang selalu memegang teguh moral samurai ini harus mengalami hukuman mati dengan melakukan seppuku.

Berita ini segera tersebar ke seluruh pelosok negeri dan menyulut tekad balas dendam para Ronin (samurai yang ditinggal mati tuannya/tak bertuan). Dipimpin oleh seorang Kepala Samurai yang bijaksana, melalui sebuah perjalanan yang panjang akhirnya sekelompok Ronin berjumlah 47 orang berhasil membunuh kepala pemimpin upacara Istana Shogun untuk memulihkan kehormatan tuannya.

Aksi para Ronin yang gagah berani segera menjadi berita di seluruh pelosok negeri Jepang. Mereka memuji keberanian para Ronin ini untuk menumpas bangsawan korup. Termasuk juga Shogun Tokugawa Tsunayosi menaruh simpati pada mereka. Namun tentu saja, akibat undang-undang Shogun sendiri, mereka dinyatakan bersalah dan harus menjalani hukuman berat. Shogun mencoba mencari penyelesaian terbaik, termasuk menghadap pemimpin tertinggi agama Budha Jepang.

Buku setebal 311 halaman ini disajikan dalam penyampaian bahasa yang ringan dan menarik. Dibumbui beberapa intrik serta persoalan pribadi para tokoh-tokohnya membuat novel yang mengandung nilai sejarah ini enak dibaca

~ oleh Rendi pada Februari 15, 2008.

2 Tanggapan to “Kisah 47 Ronin”

  1. Wah, bangga juga saya, ternyata resensi saya yang nggak seberapa dijadikan satu sama tulisan orang-orang pintar. Terima kasih mas Rendi, sudah memuat resensi saya di blog Anda. Semoga bisa berguna bagi tiap orang.

  2. iya pak syamsul.. saya juga seneng baca buku ini.. salah satu buku favorit saya heheehhe.. tadinya mau tak resensiin juga, pas baca resensi bapak saya rasa ini dah menarik jadi ya ga berani melawan para master-master nya hehehhe semoga spirit dari buku ini dimiliki oleh jiwa muda kita kita ini untuk menumpas korupsi di negara kita tercinta indonesia ==> Endonesia (banyak di ucap warga kita)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: